Langsung ke konten utama

Buah - buahan yang Dapat Mengurangi Nafsu Makan

Diet dan kolang-kaling !?

Kolang kaling ?!..
Hampir semua orang indonesia pasti mengenal kolang kaling yang merupakan buah yang dihasilkan oleh pohon aren. Namun ternyata kolang kaling juga bisa dijadikan sebagai makanan yang layak di konsumsi ketika kita sedang melakukan program diet. 


Kolang-kaling adalah produk olahan hasil perebusan endosperm biji buah aren yang masih muda. Buah ini sebetulnya hanya merupakan protein albumin yang dibutuhkan benih pohon aren sebagai persediaan makanan. Buah yang tinggi kadar airnya ini, diambil dari biji buah aren yang berbentuk lonjong pipih, bergetah, dan bikin gatal. 

Pohon aren ini bernama Latin arenga pinnata ini tumbuh mulai dari Indo- China ke selatan sampai Asia Tenggara Banyak terdapat hampir di seluruh wilayah Indonesia. Biasanya tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian 250 – 1.400 meter di atas permukaan laut. 


Kolang kaling ini didapatkan dari pohon aren saat buah masih muda dengan kulit luarnya berwarna hijau, biji aren mempunyai tekstur yang lembek dan berwarna bening. Kulitnya berwarna kuning dan tipis, bentuk bijinya lonjong. Biji muda inilah yang dinamakan kolangkaling. Untuk menghasilkan kolang-kaling, buah aren ini harus dibakar terlebih dahulu hingga hangus atau direbus selama beberapa jam. Setelah direndam dengan air kapur beberapa hari untuk menghilangkan getahnya yang gatal dan beracun, barulah biji-biji ini bisa diolah.





Menurut beberapa sumber yand didapat dalam 100 gram kolang- kaling mengandung 0,69 gram protein, karbohidrat 4,0 gram, kadar abu 1 gram dan serat kasar 0,95 gram. Kadar air kolang-kaling relatif sangat tinggi, yakni mencapai 94%

Lantas ada hal lain yang erat hubunganya antara diet dan kolang kaling, ini dikarenakan kandungan gelatin pada kolang kaling. Dalam kolang kaling kandungan gelatin yang dimilikinya juga cukup tinggi sehingga memiliki manfaat membantu mempercepat rasa kenyang, menghentikan nafsu makan dan mengakibatkan konsumsi makanan jadi menurun sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan diet.
Jadi kolang kaling ini juga menjadi alternatif sebagai salahsatu buah yang dapat mengurangi nafsu makan.

Dan kandungan serat kolang-kaling yang masuk ke tubuh menyebabkan proses pembuangan air besar teratur sehingga dapat mencegah kegemukan atau obesitas. Meskipun secara tidak sadar dimaksudkan untuk diet namun mengonsumsi kolang-kaling secara rutin, sudah merupakan diet yang gampang sekaligus menyehatkan.

Jadi dengan mengkonsumsi kolang-kaling menjadikan alternatif makanan yang dikonsumsi selama diet. Sehingga dapat membantu tercapainya program diet yang sukses...

Apalagi selama bulan puasa banyak terdapat makanan hasil olahan kolang kaling yang menjadi menu favorit untuk berbuka puasa...
Jadi kalau kita sedang menjalankan program diet tidak ada salahnya kita melirik kolang kaling menjadi alternatif makanan diet kita..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buah - buahan yang Dapat Mengurangi Nafsu Makan

Jika sedang menjalankan program diet, seringkali kita tidak bisa mengontrol rasa lapar sehingga  kadangkala lupa dengan diet yang sedang kita kerjakan. Untuk mengatasi rasa lapar tersebut berikut ini adalah beberapa jenis buah - buahan yang dapat mengurangi nafsu makan . Jeruk dan   grapefruit   mengandung   serat   larut dan tidak larut ( soluble and insoluble fiber) , yang terdapat pada serat pectin .    Serat pektin  ini  menekan nafsu makan   dan hanya mengandung 70   kalori.   Jeruk   dan grapefruit   juga mengandung  nutrisi- tanaman  yang membantu menurunkan  lemak   darah,   dan memperkuat   sistem kekebalan tubuh.   Jus   tersebut namun   mengandung sekitar 150   kalori. Pengurang rasa lapar alami  l ainya  adalah   apel yang   mengandung serat   larut dan tidak larut   baik .  Satu   apel   menengah dengan   kulit   berisi sekitar   4gms   serat. Apel juga mengandung   pektin   yang bila dikombinasikan   dengan serat   memiliki kemampuan  untuk mengurangi   rasa la

Manfaat Alpukat (Avocado) pada program Diet

Bentuk tubuh yang ideal menjadi harapan dari setiap orang, entah itu pria dan tentu saja kaum hawa sangat mendambakan bentuk tubuh yang ideal. Untuk mewujudkan bentuk tubuh yang ideal tersebut banyak orang yang melakukan program diet. Dalam pelaksanaan program diet ini banyak yang salah persepsi tentang berbagai makanan yang kadang-kadang dihindari untuk dikonsumsi. Salah satu buah yang sering dihindari adalah alpukat   , banyak persepsi yang salah tentang alpukat ini ketika kita melakukan diet, bahwa dengan mengkonsumsi alpukat akan menyebabkan meningkatnya lemak kita sehingga menghambat kepada program diet yang tengah dilakukan.

vespaterfly

Vespaterfly