Langsung ke konten utama

Buah - buahan yang Dapat Mengurangi Nafsu Makan

Manfaat Alpukat (Avocado) pada program Diet



Bentuk tubuh yang ideal menjadi harapan dari setiap orang, entah itu pria dan tentu saja kaum hawa sangat mendambakan bentuk tubuh yang ideal.

Untuk mewujudkan bentuk tubuh yang ideal tersebut banyak orang yang melakukan program diet. Dalam pelaksanaan program diet ini banyak yang salah persepsi tentang berbagai makanan yang kadang-kadang dihindari untuk dikonsumsi.


Salah satu buah yang sering dihindari adalah alpukat  , banyak persepsi yang salah tentang alpukat ini ketika kita melakukan diet, bahwa dengan mengkonsumsi alpukat akan menyebabkan meningkatnya lemak kita sehingga menghambat kepada program diet yang tengah dilakukan.


Sehingga banyak anggapan dari orang yang ingin mengurangi berat badan menjauhi buah alpukat. Pada kenytaanya alkpukat  memang merupakan salah satu buah yang tinggi kadar lemaknya, yaitu sekitar 16 persen. Namun ternyata  lemak yang terkandung pada alpukat sendiri sebenarnya aman dan malah menyehatkan bagi tubuh kita. Karena ternyata alpukat 63 persen unsur penyusunnya adalah asam lemak yang tidak jenuh, terutama asam lemak tak jenuh tunggal.

Menurut pendapat para ahli, makanan yang paling efektif menurunkan lemak adalah yang mengandung MUFA (mono unsaturated fatty acid) seperti alpukat.


Karena ternyata selain membantu menurunkan berat badan, makanan yang kaya MUFA juga mampu meluruhkan lemak di area perut. Disamping itu manfaat yang terdapat pada alpukat yang tak kalah hebat adalah menurunkan kadar kolesterol, mencegah penyumbatan pembuluh darah serta mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. Dan mungkin masih banyak manfaat lainya yang belum diketahui oleh kita. Wow.. it’s wonderfull, sungguh sempurna ciptaan-Nya.


Menurut hasil penelitian didalam 100 gram buah alpukat juga terkandung sekitar 300-400 IU vitamin A dan sekitar 165 mikrogram karoten. Terkandung pula tiamin, riboflavon dan niasin, yang tergolong vitamin B kompleks. Kadar vitamin C alpukat juga cukup baik, sekitar 14 mg per 100 gram buah alpukat.

Untuk yang mengalami masalah dengan pencernaan, makanan yang kaya serat tentu sangat dianjurkan oleh para ahli. Ternyata kita bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi alpukat juga. Serat  yang terkandung didalam alpukat  juga  tinggi  sekitar  1,6  gram/100  g.  Hal ini akan sangat bermanfaat  untuk  membantu  sistem pencernaan dan membuang sisa-sisa pencernaan yang beracun.

Jadi ternyata buah alpukat sangat bermanfaat bagi tubuh kita ini, sehingga jangan ragu untuk mengkonsumsinya secara teratur dan baik juga dikonsumsi ketika kita sedang melaksanakan program diet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buah - buahan yang Dapat Mengurangi Nafsu Makan

Jika sedang menjalankan program diet, seringkali kita tidak bisa mengontrol rasa lapar sehingga  kadangkala lupa dengan diet yang sedang kita kerjakan. Untuk mengatasi rasa lapar tersebut berikut ini adalah beberapa jenis buah - buahan yang dapat mengurangi nafsu makan . Jeruk dan   grapefruit   mengandung   serat   larut dan tidak larut ( soluble and insoluble fiber) , yang terdapat pada serat pectin .    Serat pektin  ini  menekan nafsu makan   dan hanya mengandung 70   kalori.   Jeruk   dan grapefruit   juga mengandung  nutrisi- tanaman  yang membantu menurunkan  lemak   darah,   dan memperkuat   sistem kekebalan tubuh.   Jus   tersebut namun   mengandung sekitar 150   kalori. Pengurang rasa lapar alami  l ainya  adalah   apel yang   mengandung serat   larut dan tidak larut   baik .  Satu   apel   menengah dengan   kulit   berisi sekitar   4gms   serat. Apel juga mengandung   pektin   yang bila dikombinasikan   dengan serat   memiliki kemampuan  untuk mengurangi   rasa la

Diet dan kolang-kaling !?

Kolang kaling ?!. . Hampir semua orang indonesia pasti mengenal kolang kaling yang merupakan buah yang dihasilkan oleh pohon aren. Namun ternyata kolang kaling juga bisa dijadikan sebagai makanan yang layak di konsumsi ketika kita sedang melakukan program diet.  Kolang-kaling adalah produk olahan hasil perebusan endosperm biji buah aren yang masih muda. Buah ini sebetulnya hanya merupakan protein albumin yang dibutuhkan benih pohon aren sebagai persediaan makanan. Buah yang tinggi kadar airnya ini, diambil dari biji buah aren yang berbentuk lonjong pipih, bergetah, dan bikin gatal.  Pohon aren ini bernama Latin arenga pinnata ini tumbuh mulai dari Indo- China ke selatan sampai Asia Tenggara Banyak terdapat hampir di seluruh wilayah Indonesia. Biasanya tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian 250 – 1.400 meter di atas permukaan laut.  Kolang kaling ini didapatkan dari pohon aren saat buah masih muda dengan kulit luarnya berwarna hijau, biji aren mempunyai tekstur ya

The Body Mass Index (Indeks Massa Tubuh)

The Body Mass Index  (Indeks Massa Tubuh) BMI Facts PDF (1,4 MB) Please activate Javascript in your browser. Berat badan yang ideal tergantung dari tinggi badan dan jumlah massa otot yang dimiliki seseorang. Kita bisa mengetahui berat badan seseorang itu ideal atau tidak dengan cara menghitung indeks massa tubuhnya. Rumus Indeks Massa Tubuh Indeks Massa Tubuh (IMT) didapatkan dengan cara membagi berat badan dengan tinggi badan kuadrat. Berat badan yang dihitung menggunakan satuan kilogram (kg), sedangkan tinggi badan dalam satuan meter (m). Gambar berikut adalah rumus untuk mendapatkan indeks massa tubuh berikut dengan tabel makna nilai masing-masing hasilnya.