Langsung ke konten utama

Buah - buahan yang Dapat Mengurangi Nafsu Makan

Obesitas penyebab dan solusinya


Big are beautiful, besar itu indah itulah ungkapan yang sering kita dengar, tetapi bagaimana jika yang terjadi adalah overweight atau berlebihan alias Obesitas? Tentu kita tidak ingin bukan..

Untuk lebih memahami mengenai Obesities dan pengaruhnya bagi kesehatan kita berikut ini akan kita coba bahas mengenai obesitas. 

Obesitas atau kegemukan adalah ketidakseimbangan jumlah makanan yang masuk dibanding dengan pengeluaran energi oleh tubuh. Obesitas adalah kelebihan berat badan (overweight) sebagai akibat dari penimbunan lemak tubuh yang berlebihan.


Obesitas sering dikaitkan dengan kegemukan dan banyaknya lemak dalam tubuh. Lemak adalah kawan sekaligus lawan. Tubuh kita memerlukan lemak untuk menyimpan energi, sebagai penyekat panas, sebagai penyerap guncangan, dan lain-lainnya. Wanita biasanya memiliki lemak tubuh yang lebih banyak dibandingkan dengan pria. Perbandingan yang normal antara lemak tubuh dengan berat badan pada wanita adalah sekitar 25-30% dan pada pria sekitar 18-23%.

Walaupun lemak sangat berguna bagi tubuh, namun berbagai penyakit dapat timbul karena kelebihan lemak pada tubuh kita. Salah satunya adalah kita kenal sebagai obesitas atau kelebihan berat badan (overweight) sebagai akibat dari penimbunan lemak tubuh yang berlebihan. Wanita dengan lemak tubuh lebih dari 25% (pada pia 20% atau lebih) dari berat ideal yang sesuai untuk tinggi tubuh dianggap mengalami obesitas.

Ketika wanita dengan lemak tubuh lebih dari 30% dan pria dengan lemak tubuh lebih dari 25% akan dianggap mengalami obesitas

Obesitas digolongkan menjadi 3 kelompok:
1. Obesitas ringan   : kelebihan berat badan 20-40%
2. Obesitas sedang : kelebihan berat badan 41-100%
3. Obesitas berat     : kelebihan berat badan >100%. 

Untuk melihat Cek di BMI (Body massIndex)

Obesitas berat ditemukan sebanyak 5% dari antara orang-orang yang gemuk. 
Obesitas bukan hanya tidak enak dipandang mata tetapi merupakan dilema kesehatan yang mengerikan. Obesitas secara langsung berbahaya bagi kesehatan seseorang. 

Berikut adalah resiko meningkatnya penyakit yang dirimbulkan oleh Obesitas seperti: 
- Diabetes tipe 2 (timbul pada masa dewasa) 
- Tekanan darah tinggi (hipertensi) 
- Stroke 
- Serangan jantung (infark miokardium) 
- Gagal jantung 
- Kanker (jenis kanker tertentu, misalnya kanker prostat dan kanker usus besar) 
- Batu kandung empedu dan batu kandung kemih 
- Gout dan artritis gout 
- Osteoartritis 
- Tidur apneu (kegagalan untuk bernafas secara normal ketika sedang tidur, menyebabkan berkurangnya kadar oksigen dalam darah) 
- Sindroma Pickwickian (obesitas disertai wajah kemerahan, underventilasi dan ngantuk). 
  
PENYEBAB OBESITAS
Menurut penjelasan ilmiah, obesitas terjadi akibat terlalu banyak mengkonsumsi kalori lebih dari yang diperlukan oleh tubuh. Penyebab terjadinya ketidakseimbangan antara asupan dan pembakaran kalori ini masih belum jelas. 

Terjadinya obesitas melibatkan beberapa faktor:

Faktor genetik. 

Obesitas cenderung diturunkan, sehingga diduga memiliki penyebab genetik. Tetapi anggota keluarga tidak hanya berbagi gen, tetapi juga makanan dan kebiasaan gaya hidup, yang bisa mendorong terjadinya obesitas. 
Seringkali sulit untuk memisahkan faktor gaya hidup dengan faktor genetik. 
Penelitian terbaru menunjukkan bahwa rata-rata faktor genetik memberikan pengaruh sebesar 33% terhadap berat badan seseorang.

Faktor lingkungan

Pola makan yang salah (terbiasa makan makanan berlemak tinggi) Gen merupakan faktor yang penting dalam berbagai kasus obesitas, tetapi lingkungan seseorang juga memegang peranan yang cukup berarti. Lingkungan ini termasuk perilaku/pola gaya hidup (misalnya apa yang dimakan dan berapa kali seseorang makan serta bagaimana aktivitasnya). 
Seseorang tentu saja tidak dapat mengubah pola genetiknya, tetapi dia dapat mengubah pola makan dan aktivitasnya.

Faktor psikis. 

Apa yang ada di dalam pikiran seseorang bisa mempengaruhi kebiasaan makannya. 
Banyak orang yang memberikan reaksi terhadap emosinya dengan makan. 
Salah satu bentuk gangguan emosi adalah persepsi diri yang negatif. 

Faktor Obat-obatan. 

Obat-obat tertentu (misalnya steroid dan beberapa anti-depresi) bisa menyebabkan penambahan berat badan.

Faktor perkembangan. 

Penambahan ukuran atau jumlah sel-sel lemak (atau keduanya) menyebabkan bertambahnya jumlah lemak yang disimpan dalam tubuh. 
Penderita obesitas, terutama yang menjadi gemuk pada masa kanak-kanak, bisa memiliki sel lemak sampak 5 kali lebih banyak dibandingkan dengan orang yang berat badannya normal. 
Jumlah sel-sel lemak tidak dapat dikurangi, karena itu penurunan berat badan hanya dapat dilakukan dengan cara mengurangi jumlah lemak di dalam setiap sel.

Faktor Aktivitas fisik dan gaya hidup
Orang-orang yang tidak aktif memerlukan lebih sedikit kalori. Seseorang yang cenderung mengkonsumsi makanan kaya lemak dan tidak melakukan aktivitas fisik yang seimbang, akan mengalami obesitas.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buah - buahan yang Dapat Mengurangi Nafsu Makan

Jika sedang menjalankan program diet, seringkali kita tidak bisa mengontrol rasa lapar sehingga  kadangkala lupa dengan diet yang sedang kita kerjakan. Untuk mengatasi rasa lapar tersebut berikut ini adalah beberapa jenis buah - buahan yang dapat mengurangi nafsu makan . Jeruk dan   grapefruit   mengandung   serat   larut dan tidak larut ( soluble and insoluble fiber) , yang terdapat pada serat pectin .    Serat pektin  ini  menekan nafsu makan   dan hanya mengandung 70   kalori.   Jeruk   dan grapefruit   juga mengandung  nutrisi- tanaman  yang membantu menurunkan  lemak   darah,   dan memperkuat   sistem kekebalan tubuh.   Jus   tersebut namun   mengandung sekitar 150   kalori. Pengurang rasa lapar alami  l ainya  adalah   apel yang   mengandung serat   larut dan tidak larut   baik .  Satu   apel   menengah dengan   kulit   berisi sekitar   4gms   serat. Apel juga mengandung   pektin   yang bila dikombinasikan   dengan serat   memiliki kemampuan  untuk mengurangi   rasa la

Manfaat Alpukat (Avocado) pada program Diet

Bentuk tubuh yang ideal menjadi harapan dari setiap orang, entah itu pria dan tentu saja kaum hawa sangat mendambakan bentuk tubuh yang ideal. Untuk mewujudkan bentuk tubuh yang ideal tersebut banyak orang yang melakukan program diet. Dalam pelaksanaan program diet ini banyak yang salah persepsi tentang berbagai makanan yang kadang-kadang dihindari untuk dikonsumsi. Salah satu buah yang sering dihindari adalah alpukat   , banyak persepsi yang salah tentang alpukat ini ketika kita melakukan diet, bahwa dengan mengkonsumsi alpukat akan menyebabkan meningkatnya lemak kita sehingga menghambat kepada program diet yang tengah dilakukan.

vespaterfly

Vespaterfly