Langsung ke konten utama

Buah - buahan yang Dapat Mengurangi Nafsu Makan

Minum teh Oolong membantu program diet sehat


Untuk yang sedang diet, ada satu lagi referensi minuman yang membantu kita didalam menjalankan program diet sehat. Teh Oolong ternyata bisa menjadi alternatif minuman yang mendampingi program diet yang sedang dijalankan.

Teh Oolong adalah teh tradisional Cina (Camellia sinensis) yang dihasilkan melalui proses yang unik. Teh oolong diambil dari tanaman teh varietas tertentu.

Teh oolong disebut sebagai teh semi fermentasi. Nama oolong diambil dari sebuah nama pria Cina yakni Wu Long atau Oolong. Pria ini menemukan teh oolong secara tidak sengaja ketika daun teh yang dipetiknya ditinggalkan demi mengejar seekor kijang. Ketika kembali, teh itu telah terfermentasi. Legenda lain menyebutkan bahwa oolong dalam bahasa Cina berarti naga hitam, karena daunnya mirip naga hitam kecil yang tiba-tiba terbangun ketika diseduh.






-->

Hubungan antara teh dan Berat Badan

Teh ini dipercaya bisa mengobati masalah pencernaan, sebagai pelangsing tubuh. Dua cara utama untuk mengurangi berat badan adalah dengan meningkatkan pengeluaran energi (energy expenditure) dan menghambat penyerapan nutrisi, termasuk lemak dan karbohidrat. Kafein adalah stimulan yang dikenal secara luas bahwa kafein dalam teh meningkatkan metabolisme, sehingga meningkatkan pengeluaran energi (energy expenditure). Jadi pertanyaannya menjadi, apakah hanya kafein atau senyawa lain dalam teh berkontribusi terhadap kenaikan itu?

Orang-orang Cina telah lama percaya bahwa teh oolong yang bermanfaat dalam mengurangi dan mempertahankan berat badan. Sebuah studi Cina, pada tahun 1998, dari 102 perempuan menunjukkan bahwa konsumsi terus menerus dari teh oolong selama enam minggu mengakibatkan penurunan berat badan. Penelitian ini menjawab pertanyaan mengenai manfaat teh oolong didalam penurunan berat badan dan diet yang sehat.


Pada tahun 2001, Dr William fisiolog Rumpler, dari Diet AS Pertanian Penelitian Pelayanan dan Laboratorium Manusia, menyelidiki kepercayaan Cina kuno bahwa teh oolong efektif dalam mengendalikan berat badan. Studi ini mengukur bagaimana teh mempengaruhi pengeluaran energi  dan penelitian dilakukan terhadap 12 relawan laki-laki yang diberi 4 formula minuman terpisah selama tiga hari berturut-turut. Rumus minuman terdiri dari: 1) kekuatan penuh teh oolong, 2) berkafein air dengan sama kafein teh oolong kekuatan penuh, 3) setengah teh oolong kekuatan dan 4) air berkafein non.


Peningkatan oksidasi lemak dalam penelitian ini adalah luar biasa! Minum teh oolong benar-benar dapat membuat tubuh membakar lemak untuk merubahnya menjadi energi! Para ilmuwan kemudian berspekulasi bahwa kafein dikombinasikan dengan EGCGs bekerja sama untuk meningkatkan oksidasi lemak

Manfaat lain yang dapat kita peroleh antara lain menurunkan kadar kolestrol. mengobati sakit kepala, menurunkan kadar gula. Bahkan berdasarkan penelitian Masami Uehara dan kawan-kawan dari Jurusan Dermatologi Shiga University of Medical Science, Jepang, Oolong Tea bisa membantu menyembuhkan penyakit kulit dermatitis.





Berikut salah satu  manfaat teh Oolong yang biasa dikenal dalam Pengobatan Tradisional Cina:

Polyphenol mencegah kerusakan gigi
Tinggi sumber vitamin C, baik untuk kulit
Dapat mengurangi iritasi kulit
Dapat meningkatkan kinerja enzim yang memecah lemak dan meningkatkan metabolisme lemak
Dapat menurunkan kolesterol
Relaksan otot di saluran bronkial
Dapat mengatur suhu tubuh

-->

eJadi kita bisa meminum teh oolong selama program diet sehat semoga info ini bermanfaat.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Buah - buahan yang Dapat Mengurangi Nafsu Makan

Jika sedang menjalankan program diet, seringkali kita tidak bisa mengontrol rasa lapar sehingga  kadangkala lupa dengan diet yang sedang kita kerjakan. Untuk mengatasi rasa lapar tersebut berikut ini adalah beberapa jenis buah - buahan yang dapat mengurangi nafsu makan . Jeruk dan   grapefruit   mengandung   serat   larut dan tidak larut ( soluble and insoluble fiber) , yang terdapat pada serat pectin .    Serat pektin  ini  menekan nafsu makan   dan hanya mengandung 70   kalori.   Jeruk   dan grapefruit   juga mengandung  nutrisi- tanaman  yang membantu menurunkan  lemak   darah,   dan memperkuat   sistem kekebalan tubuh.   Jus   tersebut namun   mengandung sekitar 150   kalori. Pengurang rasa lapar alami  l ainya  adalah   apel yang   mengandung serat   larut dan tidak larut   baik .  Satu   apel   menengah dengan   kulit   berisi sekitar   4gms   serat. Apel juga mengandung   pektin   yang bila dikombinasikan   dengan serat   memiliki kemampuan  untuk mengurangi   rasa la

Diet dan kolang-kaling !?

Kolang kaling ?!. . Hampir semua orang indonesia pasti mengenal kolang kaling yang merupakan buah yang dihasilkan oleh pohon aren. Namun ternyata kolang kaling juga bisa dijadikan sebagai makanan yang layak di konsumsi ketika kita sedang melakukan program diet.  Kolang-kaling adalah produk olahan hasil perebusan endosperm biji buah aren yang masih muda. Buah ini sebetulnya hanya merupakan protein albumin yang dibutuhkan benih pohon aren sebagai persediaan makanan. Buah yang tinggi kadar airnya ini, diambil dari biji buah aren yang berbentuk lonjong pipih, bergetah, dan bikin gatal.  Pohon aren ini bernama Latin arenga pinnata ini tumbuh mulai dari Indo- China ke selatan sampai Asia Tenggara Banyak terdapat hampir di seluruh wilayah Indonesia. Biasanya tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian 250 – 1.400 meter di atas permukaan laut.  Kolang kaling ini didapatkan dari pohon aren saat buah masih muda dengan kulit luarnya berwarna hijau, biji aren mempunyai tekstur ya

The Body Mass Index (Indeks Massa Tubuh)

The Body Mass Index  (Indeks Massa Tubuh) BMI Facts PDF (1,4 MB) Please activate Javascript in your browser. Berat badan yang ideal tergantung dari tinggi badan dan jumlah massa otot yang dimiliki seseorang. Kita bisa mengetahui berat badan seseorang itu ideal atau tidak dengan cara menghitung indeks massa tubuhnya. Rumus Indeks Massa Tubuh Indeks Massa Tubuh (IMT) didapatkan dengan cara membagi berat badan dengan tinggi badan kuadrat. Berat badan yang dihitung menggunakan satuan kilogram (kg), sedangkan tinggi badan dalam satuan meter (m). Gambar berikut adalah rumus untuk mendapatkan indeks massa tubuh berikut dengan tabel makna nilai masing-masing hasilnya.